KULIAH TAMU PROGRAM STUDI AKUNTANSI TAHUN AKADEMIK 2022/2023

 

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus pada hari Selasa, 27 Desember 2022 telah melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Manajemen Resiko Perpajakan”. Kuliah Tamu ini menghadirkan dua narasumber, yang pertama  Muh. Sugeng SE., M.Si., Ak., CA., CGGCAE, beliau adalah Auditor Ahli Madya Inspektorat Kota Mojokerto. Narasumber yang kedua adalah Edi Wicaksono A., SE., M.Si., BKP., beliau adalah konsultan Perpajakan dan aktif  sebagai dosen mata kuliah perpajakan di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan melalui media zoom meeting dan peserta kuliah umum ini adalah mahasiswa  semester tiga Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus.

Pada kesempatan tersebut, Muh. Sugeng SE., M.Si., Ak., CA., CGGCAE sebagai nerasumber pertama, memaparkan materi berkaitan dengan manajemen risiko perpajakan yang fokus pada penilaian resiko yang terdiri dari 3 aspek dari yang pertama penetapan konteks dalam menganalisis siapa yang terlibat, tujuan proses ruang lingkup dari manajemen resiko. Yang kedua adalah identifikasi resiko, tujuannya adalah untuk mengidentifikasi resiko yang memiliki potensi menurunkan, menghalangi atau menunda proses manajemen resiko. Dan yang terakhir analisis resiko, yaitu mencermati sumber dari resiko dan tingkat pengendalian resiko serta menilai resiko dari konsekuesi dan kemungkinan terjadinya.

Narasumber kedua, Edi Wicaksono A., SE., M.Si., BKP., lebih fokus menjelaskan materi tentang Konsep Manajemen Perpajakan, dimana beliau menjelaskan tentang manajemen resiko dari aspek konsultan pajak. Dalam mengelola resiko pajak ada beberapa langkah yang harus dijalankan, dimulai dari identifikasi masalah yang dihadapi klien, kemudian melakukan penilaian resiko dengan melakukan beberapa simulasi penilaian resiko yang akan dihadapi klien. dilanjutkan dengan melihat peraturan perpajakan apa saja yang bisa dimanfaatkan, kemudian melakukan komunikasi dan share informasi dengan para stakeholder dan terakhir melakukan pemantauan guna memastikan bahwa penanganan setiap tahapan yang telas dilakukan oleh semua pihak yang terkait sudah berjalan dengan benar.

Selama acara berlangsung, terdapat sesi diskusi dan tanya jawab. Mahasiswa sangat antusias untuk berdiskusi langsung dengan para Narasumber. Kuliah Tamu ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang pentingnya mengelola resiko dalam perpajakan dan diharapkan menaikkan minat mahasiswa untuk berkarir di dalam bidang perpajakan.

 

Dokumentasi Kegiatan: